Pages

Tuesday, June 28, 2011

Gunung Manglayang via Kiarapayung


View dari Birebeureum

Gunung manglayang, yang memiliki ketinggian 1818 m diatas permukaan laut ini, tidak dapat dianggap remeh. Trek pendakian yang disajikan, melalu jalur kiarapayung, cukup menantang karena tidak ada bonus sama sekali. Gunung ini sangatlah cocok untuk dijadikan gunung pendakian pertama.

Akses menuju jalur pendakian kiarapayung cukup mudah. Jika ada bertempat tinggal di bandung maka anda hanya perlu naik bus damri dari DU, jurusan jatinangor, kemudian turun di kampus unpad. Dari kampus tersebut dapat terlihat gunung manglayang.



Dari kampus, anda cukup menyusuri jalan menuju bumi perkemahan kiarapayung. Apabila anda tidak ingin berjalan sampai bumi perkemahan. anda dapat 
menggunakan jasa ojek, menumpang truk atau mobil bak terbuka yang lewat. Sesampainya di bumi perkemahan, banyak – banyaklah bertanya kepada warga setempat mengenai jalur menuju puncak. Beberapa jalur terkadang cukup menipu karena hanya dipakai warga untuk bercocok tanam. Sebelum anda memasuki jalur pendakian yang jelas, anda akan melewati desa kecil.
Sesampainya di jalur pendakian, keluar dari desa, anda hanya perlu mengikuti jalur yang jelas. Sekitar 1-2 jam sebelum mencapai puncak, anda akan menemukan percabangan. Salah satu pertigaan mengarah ke puncak dan satu lagi menuju birubeureum. Perlu diingat bahwa birubeurem bukanlah puncak, melainkan hanya dataran kecil, cukup untuk mendirikan 2-3 tenda kecil. BIrubeureum merupakan spot yang cukup menarik karena disini anda dapat melihat view bandung yang indah. Birubeurem ini cocok dijadikan spot sunrise karena gundul.
Berbeda dengan birubeureum, puncak manglayang tidaklah gundul. Puncak manglayang merupakan dataran yang cukup luas, 6 tenda dapat didirikan, dikelilingi pepohonan yang cukup tinggi. Jika anda melihat sekitar maka anda akan menemukan makam yang tidak terdapat tanda pengenalnya.
Untuk mencapai puncak dari jalur pendakian, diperlukan waktu 3 – 5 jam. Berhubung cuaca bandung yang tidak menentu akhir – akhir ini, disarankan untuk memakai sepatu. Budget yang harus disiapkan kurang lebih rp 30.000 , termasuk ojek, damri, pulang pergi, belum termasuk logistik.

Tulisan oleh : Ghilman Azka

1 comment:

  1. gunung di lembang bandung memang paling asik buat liburan akhir tahun, nice post gans

    ReplyDelete