Pages

Tuesday, June 28, 2011

Gunung-Gunung Akhir Pekan_Part 1

Bagi penggiat alam bebas yang sudah memiliki tanggung jawab yang lumayan menyita waktu, kegiatan mendaki gunung bisa jadi akan menjadi sulit dilakukan lagi. Akan tetapi jangan menyerah dulu. Beberapa gunung sebenarnya dapat didaki dengan waktu yang tidak terlalu panjang. Paling hanya memerlukan waktu 2 hari sehingga bisa dilakukan sabtu-minggu. So dimana ada usaha disitu ada jalan bukan.

Berikut adalah gunung-gunung yang dapat didaki di akhir pekan. Sumber tulisan sebagian besar berasal dari majalah Mount Magazine Indonesia dan beberapa adalah pengalaman saya sendiri. Selamat menikmati dan semoga tulisan ini bisa membantu rekan-rekan semua yang memiliki keterbatasan waktu seperti saya..hehehehe.


1. Gunung Burangrang

Bentangan alam dan Trek Yang Menantang

Gunung ini adalah bagian dari rangkaian pegunungan yang terbentuk dari hasil letusan Gunung Sunda Purba yang kini menjadi kaldera Sunda. Menurut ahli geologi, Kaldera Sunda adalah rangkaian gunung dan bukit yang berjejer  di utara cekungan Bandung barat sampai timur. Bentangan gunung ini cukup bervariasi dan menantang. Contohnya seperti hutan yang luas, sungai, danau, dan tebing. Walaupun termasuk gunung yang tidak terlalu tinggi, namun bagi para penggemar kegiatan alam bebas termasuk kawasan yang kerap dijadikan untuk berlatih.

Danau (Situ) Lembang adalah salah satu tempat menarik yang berada dalam kawasan ini. Menurut van Bemmelen (1934), pada tahap pasca pembentukan kaldera sesar inilah Lembah terbentuk. Kejadian tersebut diikuti lahirnya Gunung Burangrang (kini telah padam), dan Gunung Tangkuban Parahu. Mendaki Gunung Burangrang dapat dilakukan dalam waktu 1-2 hari. Jika saat pendakian tidak ada rencana bermalam, anda dapat mendakinya mulai pagi hari sehingga sudah dapat turun sebelum gelap. Pendakiannya sendiri dapat dilakukan melalui tiga jalur umum yaitu jalur Komando Desa Kertawangi, Jalur Legok Haji-SPN (Sekolah Polisi Negara) Desa Legok, dan Jalur Cisurupan-SPN Desa Cisurupan. Ketiga jalur tersebut masuk Kecamatan Cisarua, Cimahi. Apabila anda mandaki via jalur Komando maka anda diwajibkan untuk melapor pada pos jaga Kopassus untuk minta izin dengan meninggalkan copy KTP. Sedangkan bila melalui Jalur Legok Haji atau Cisurupan, lebih baik anda melapor ke Polsek Cisarua, Cimahi.

Sumber : MountMag Indonesia edisi 01/2011

Informasi Umum :
Tinggi : 2067 mdpl
Lokasi Administrasi : Kabupaten Cimahi dan Kabupaten Purwakarta
Kota Terdekat : Cimahi
Waktu Pendakian : 3-4 jam dari titik awal hingga puncak gunung


2. Gunung Manglayang

Menara Penjaga di Timur Legenda Sangkuriang

Nama gunung ini memang tidak sebesar seperti nama-nama gunung lainnya. Namun sebenarnya daya tarik dan pesona gunung Manglayang tidaklah kalah dengan gunung-gunung lainnya. Mendaki Manglayang dapat ditempuh secara singkat. Jika tidak mau bermalam, anda dapat mendaki pagi kemudian turun sebelum gelap. Gunung ini merupakan menara penjaga di timur rangkaian gunung legenda Sangkuriang-Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit Tunggul.

Dari sekitar puncak Manglayang, dapat terlihat sebagian cekungan Bandung Purba. Saat malam, cahaya lampu-lampu Jatinangor Bandung dan sekitarnya akan terlihat begitu mempesona. Dari puncak timur, dapat terlihat kawasan Jatinangor dan pegunungan disekitarnya, terlebih pada saat cuaca cerah.

Walaupun tingginya kurang dari 2000 mdpl, namun medannya cukup menantang dan melelahkan. Trek jalur timur Manglayang miring 45-75 derajat dan nyaris tanpa bonus atau jalur landai. Dari puncak timur menuju puncak Manglayang, hutannya masih cukup asri. Puncak Manglayang cukup luas dan teduh dengan rimbunnya pepohonan selain itu di puncak juga terdapat sebuah makam keramat.

Pendakian melalui jalur Batu Kuda cukup unik. Di kawasan ini terdapat batu-batu besar berserakan dengan bentuk khas. Ada yang seperti kuda, lawang atau pintu, dan sebagainya. Berkemah di antara hutan pinus kawasan Batu Kuda juga akan sangat menyegarkan pikiran yang suntuk akan ruinitas sehari-hari di kota.

Terdapat beberapa jalur pendakian yang umum dilalui, diantaranya adalah melalui wanawisata Situs Batu Kuda Kabupaten Bandung, Jalur Palintang Ujung Berung Kabupaten Bandung, dan jalur Bumi Perkemahan Kiara Payung lalu menuju Desa Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor, Kab Sumedang.

Sumber : MountMag Edisi 01/2011

Informasi Umum
Tinggi : 1818 mdpl
Lokasi Administrasi : Kab Bandung dan Kab Sumedang
Kota Terdekat : Jatinangor dan Ujung Berung
Waktu Pendakian : 3-4 Jam dari titik awal ke puncak


3. Gunung Papandayan

Pesona Dinding Kawah

Gunung Papandayan sejak jaman Hindia Belanda telah menjadi tujuan wisata petualangan orang-orang Eropa. Gunung ini memang menawarkan sejuta pesona keindahan yang menakjubkan seperti kawah, padang rumput, dan berbagai pesona alam lainnya. Sejak tahun 1800-an Papandayan sudah didaki oleh orang Belanda. Gunung ini semakin terkenal setelah didatangi oleh Junghuhn (alpinis sekaligus ilmuwan terkenal dari Hindia Belanda) sekitar Juli 1837.

Pasca letusan tahun 2002, Papandayan makin menunjukkan pesonanya. Beberapa kawah baru yang muncul, runtuhnya dinding kawah Nangklak hingga terlihat dindingnya yang kuning keemasan merupakan fenomena alam yang dapat disaksikan. Tanjakan yang cukup terjal serta beberapa kawasan menarik yang akan anda lalui selama pendakian adalah padang edelweiss, danau temporer, air sungai, dan hutan yang cukup rimbun di kawasan puncaknya. Pondok salada dan Tegal Alun adalah dua tempat menarik yang ditumbuhi edelweiss. Di kedua tempat inilah biasanya pada pendaki berkemah. Selain di Pondok Salada dan Tegal Alun, para pendaki biasanya berkemah di Camp David lokas kemah yang terletak di belakang lapangan parkir Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan.

Jalur pendakian yang biasa digunakan oleh para pendaki adalah jalur Cisurupan Garut dan jalur Cileuleuy/Sedep-Pangalengan Bandung. Jalur Cisurupan merupakan jalur yang paling sering digunakan untuk melakukan pendakian ke gunung Papandayan. Sedangkan jalur Cileuleuy masih sedikit pendaki yang menggunakannya karena selain jarak tempuhnya yang menjadi sangat jauh, informasi tentang jalur tersebut juga masih dapat dikatakan minim. Melalui jalur Cisurupan anda dapat mendakinya sekitar 2 hari (naik-turun) setelah sebelumnya melapor ke pos jaga dan membayar biaya retribusi, mengisi data tentang tim pendakian dan menyerahkan copy KTP.

Sumber : MountMag Edisi 01/2011 (dengan editing seperlunya oleh saya)

Informasi Umum
Tinggi : 2665 mdpl
Lokasi Administrasi : Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi Kec Cisurupan, Kab Garut.
Kota Terdekat : Garut
Lama Pendakian : Sekitar 6 jam dari areal parkir sampai puncak


4. Gunung Guntur

Memacu Adrenalin di Medan Pendakian

Gunung ini mempunyai bentangan alam yang menarik dan menantang. Dari kota Garut dan daerah sekitarnya gunung api aktif terlihat tandus dan gersang. Saat mendakinya tahun 1837, Franz Junghuhn memasukkan Guntur sebagai bagian dari gunung-gunung api yang paling aktif di Jawa. Terdapat 2 sumber mata air disini, yang pertama adalah sumber mata air panas yang mengalir ke Cipanas dan kemudian dimanfaatkan sebagai wisata pemandian air panas dan mata air yang satunya adalah mata air dingin yang mengalir ke air terjun Citiis.

Saat anda mendaki gunung Guntur anda akan melihat pesonanya yang unik. Kekhasan medan pendakiannya yang terlihat tandus membentuk cuaca disekitarnya menjadi liar. Tekanan angin dan suhu udara sangat panas.Topografi medan pendakiannya secara umum cukup terjal dengan kemiringan antara 45-75 derajat. Sebagian besar meterial di pegunungannya merupakan perpaduan antara pasir, batu, dan kerikil-kerikil kecil yang terkadang menyulitkan pendakian. Lembah, air terjun, kawah, dan panorama alam menjadi suatu kesatuan yang indah yang merupakan bagian dari komplek gunung Guntur ini dan 3 buah bukit pada puncaknya merupakan karakteristik lain dari bentangan alamnya. Mendaki gunung Guntur dapat dilakukan sekitar 1-2 hari. pendakian lebih baik dilakukan padi pagi hari sekali apabila anda tidak niat bermalam di gunung Guntur. Jalur Cisurupan, Kecamatan Tarogong Kaler yang melalui Curug Citiis adalah jalur yang umum dipakai untuk menuju puncak gunung Guntur. Anda dapat melapor sebelum melakukan pendakian di kediaman Kepala Kampung Citiis dengan mengisi data dan tujuan kegiatan.

Sumber : MountMag Edisi 01/2011


Informasi Umum
Tinggi : 2249 mdpl
Lokasi Administrasi : Kec Tarogong Kaler, Kab Garut
Kota Terdekat : Garut
Lama Pendakian : 4-5 Jam dari titik awal pendakian hingga puncak



1 comment: